Selasa, 17 Januari 2012

NASIHAT BIJAK


Posted On Tuesday, May 26, 2009 at at 4:37 PM by Pesantren Mahasiswa FIRDAUS Malang



Kesehatan, Satu diantara dua hal yang sering dilupakan manusia. Ketika sehat, jarang ada manusia yang bersyukur atas kesehatan dirinya. Namun, ketika sakit; pilek misalnya, manusia baru sadar bahwa ia telah menerima nikmat dalam jumlah yang banyak dari Allah. Betapa tidak, biasanya hidung yang digunakan untuk bernapas lancar-lancar saja, sekarang menjadi buntu, ada makanan sedap tak bisa tercium dan nafas pun menjadi susah. Nah, itulah manusia…
Islam adalah agama rohmat. Walaupun manusia dalam keadaan sakit seperti di atas, namun apabila ia menyikapi penyakitnya sebagaimana yang diajarkan Allah dan Rosul-Nya maka akan menjadi lading pahala dan kebaikan yang melimpah.
Terkait dengan sakit, Allah dan Rosul-Nya mengajarkan:
1. Apabila ada keluarga, tetangga, sahabat atau yang lainnya sedang sakit hendaklah di jenguk. Karena hal itu merupakan hak seorang muslim (hadis. no 894-5). Pensyarah Riadhus sholikhin mengatakan: “hukum menjenguk muslim yang sakit adalah “fardlu kifayah”” (apabila tidak ada yang mengunjunginya sama sekali maka orang sekampung/sewilayah tersebut, bisa mendapat dosa!!!ed.)
2. Ketika seorang muslim menjenguk saudaranya yang sedang sakit, maka selama ia menjenguk, pada saat itu ia telah memperoleh (pahala) sesuatu (seperti buah) dari surga hingga dia pulang (hadis. no 898)
3. Apabila seorang muslim menjenguk saudaranya yang sakit pada waktu antara subuh sampai terbit matahari (antara jam 5-6 pagi), maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya sampai sore hari (hadis. no 899) dan
4. Siapa yang menjenguk saudaranya yang sakit pada waktu sore (antara jam 4-5.30), maka tujuh puluh ribu malaikat pun mendoakannya sampai subuh.
Dalam suatu hadis disebutkan:
Seorang mukmin itu mamang ajib (luar biasa/menakjubkan).
Karena ketika mendapat nikmat ia bersyukur dan apabila ditimpa musibah ia bersabar.
Ber-bahagia-lah bagi orang yang mengetahui ajaran Allah dan Rosul-Nya serta mau melaksanakannya. sehingga dalam sakit pun ada pahala dan kebaikan yang melimpah!!
Sudahkah kita bersyukur ….
Sudahkah kita bersabar ….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar