Rabu, 04 Januari 2012

KHASANAH PENGETAHUAN

MAKNA HIKMAH
QS Maryam (19) : 12

            Suatu rahasia yang diungkapkan dalam Al-Quran adalah Allah memberikan kepada orang-orang beriman kemampuan untuk membedakan anatar yang benar dan yang salah. Hal ini disebut sebagai "hikmah".
            Hikmah adalah sifat istimewa yang dimiliki orang-orang yang beriman. Hikmah tidak semakna dengan kecerdasan otak. Akan tetapi, hikmah adalah hasil dari ketakwaan seseorang kepada Allah dan digunakannya hati nurani, sama sekali tidak ada hubungannya dengan kecerdasan otak. Bisa saja seseorang sangat cerdas otaknya , tetapi ia tidak akan menjadi orang bijak selagi ia tidak bertakwa kepada Allah.
            Dengan demikian, hikmah adalah rahmat dari Allah yang dikaruniakan kepada orang-orang yang beriman. Orang-orang yang dijauhkan dari pemahaman sepertri itu, bahkan tidak menyadari keadaan mereka. Misalnya, orang-orang yang menganggap bahwa mereka adalah sumber kekuasaan dan kekayaan, lalu menjadi sombong.
            Sesungguhnya, anggapan dan sikap seperti ini menunjukkan bahwa ia tidak memiliki hikmah, ia akan menyadari bahwa tidaka ada sesuatu pun yang berkuasa, kecuali kehendak Allah. Kesadaran ini pada akhirnya akan menghasilkan sikap yang rendah hati.
            Namun, orang seperti ini tidak berpikir bahwa jika Allah menghendaki, semua kekayaanya dapat musnah dalam waktu sekejap, dan semua yang dimilikinya ia tinggalkan di dunia, dan ia akan berada di neraka untuk menerima balasannya. Semua ini lebih pasti dan lebih nyata daripada apa yang dimiliki seseorang di dunia.
            Hanya orang-orang beriman yang bertakwa kepada Allah yang memiliki pemahaman seperti ini sehingga mereka merasa semakin dekat kepada Allah, pemahaman mereka pun meningkat dan mereka menjadi lebih memahami rahasia-rahasi ciptaan Allah. (Harun Yahya : Beberapa Rahasia dalam Al Qur'an 2004). MIRACLE REFERENCE : hal. 610

Mutiara Hadis :  Abudullah bin Mas'ud berkata, " Tidak boleh iri hati kecuali pada dua hal yitu seorang laki-laki yang diberi harta oleh Allah, lalu harta itu dikuasakan penggunaannydalam kebenaran, dan seorang laki-laki diberi hikmah oleh Allah dimana ia memutuskan perkara dan mengajar dengannya " (HR Bukhari, 56)a

" Ya Allah, Engkau telah memberi makan minum, Engkau telah memberikan kekayaan dan melimpahkan, Engkau memberikan petunjuk dan penghidupan. Bagi-Mu segala puji atas segala yang telah Engkau berikan".
(Imam Nawawi (2009:454) Al Azkar: The Complete Book of Zikir, Arkanleema).


Gambar 1 : RELAWAN MASJID JOGOKARIYAN BHAKTI SOSIAL DI WILAYAH BENCANA ERUPSI MERAPI - SLEMAN






Gambar 2 : KEADAAN SUNGAI GENDHOL PASCA ERUPSI MERAPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar